Senin, 15 September 2014

PEMROGRAMAN BASIS DATA II


Nim: 12390100028
Nama: Laili Rosyida
Tugas Rangkuman ke 1 Mata Kuliah : PBD II
Alamat Blog mahasiswa : http://lailistikom.blogspot.com/

Penjelasan tentang arti PL/SQL?? PL/SQL (Procedural Language/Structured Query Language)  adalah sebuah teknologi dari Oracle yang memperbolehkan anda untuk membuat sebuah blok program dalam Oracle sebagaimana layaknya dalam bahasa pemrograman procedural.(Heryanto, Imam, and Budi Raharjo. "Memahami Konsep SQL dan PL/SQL di Oracle." 151-152. Bandung: Informatika Bandung, 2002.)

Perbedaan antara PL/SQL dan SQL
Ø  PL/SQL (Procedural Language/Structured Query Language)  adalah sebuah teknologi dari Oracle yang memperbolehkan anda untuk membuat sebuah blok program dalam Oracle sebagaimana layaknya dalam bahasa pemrograman procedural. (Heryanto, Imam, and Budi Raharjo. "Memahami Konsep SQL dan PL/SQL di Oracle." 151-152. Bandung: Informatika Bandung, 2002.)
Ø  SQL (Structure Query Language) adalah bahasa tingkat empat yang berfungsi untuk menampilkan hasil atau melakukan sesuatu pada data.(Technology, X-Oerang. "Pemrograman Menggunakan Oracle Developer." 40-41. Yogyakarta, 2003.)

Database Oracle adalah salah satu database yang robust, powerfull, secure untuk tingkat kompleksitas aplikasi yang tinggi. (Technology, X-Oerang. "Pemrograman Menggunakan Oracle Developer." 40-41. Yogyakarta, 2003.)

Oracle Form adalah program-program yang khusus didesain oleh perusahaan Oracle untuk membuat user interface untuk akses ke Oracle Database.(Hendra, Wijaya. "Belajar Sendiri Oracle9i Database." 267. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2003.)
  •  Items adalah macam – macam icon atau attribute  yang dapat diisikan perintah /syntax yang digunakan untuk membuat program aplikasi.
  • Data Block adalah sebuah container yang berisi sekelompok obyek , misalnya text items, list, dan buttons.
  •   Canvas adalah sebuah permukaan dari sebuah window tempat di mana diletakkan semua obyek yang akan di tampilkan pada sebuah aplikasi.(Technology, X-Oerang. "Pemrograman Menggunakan Oracle Developer." 40-41. Yogyakarta, 2003.)
v Form Base Table adalah membuat form menggunakan fasilitas Form Wizard, table yang akan diakses hanya 1 buah table saja. Jika akan mengakses table yang lain, gunakanlah kembali fungsi Form Wizard ini.
vForm Non Base Table yaitu membuat form yang tanpa mengikuti langkah-langkah yang telah dipandu oleh Form Builder.Walaupun membuat secara manual, form builder pun dapat didesain tanpa membuat program.Tentu saja jika tanpa program, berarti terdiri atas satu block dan satu table saja. (Winowatan, Frans. "Panduan Lengkap Pemrograman ORACLE Developer 6i." 72-79. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar